5 Gudeg Paling Terkenal di Jogja

Setiap daerah memiliki kuliner khasnya yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut, termasuk juga dengan Jogja. Daerah ini memiliki banyak kuliner khas yang tersebar di setiap kawasan dan salah satunya adalah gudeg. Makanan khas Jogja yang terbuat dari buah nangka muda yang dimasak mengunakan santan ini merupakan  kuliner yang wajib dicicipi saat berkunjung ke kota ini. Gudeg begitu terkenal di Jogja hingga kota ini dijuluki Kota Gudeg oleh banyak orang. Di sini gudeg bisa dinikmati di sepanjang waktu dari pagi hingga malam hari dan bisa ditemui di semua kawasan Jogja baik di warung atau pun di pinggir-pinggir jalan. Banyaknya penjual gudeg membuat mereka berinovasi untuk menarik para pelanggan oleh sebab itu para penjual gudeg di Jogja memiliki ciri khas yang berbeda sehingga masyarakat bisa mencicipinya tanpa merasa bosan. Apalagi jika anda sedang liburan dengan memilih paket wisata murah Jogja yang sangat anda gemari wisatanya. Berikut kami rangkumkan gudeg-gudeg yang populer yang ada di Jogja:

  1. Gudeg Yu Jum

Bisa dikatakan gudeg ini merupakan gudeg paling terkenal di Jogja. Masyarakat awam biasanya mengasosiasikan gudeg Jogja dengan Gudeg Yu Jum sakung terkenalnya gudeg ini. Gudeg yang memiliki rasa manis dan gurih ini memiliki banyak cabang yang tersebar di Jogja dan sekitarnya. Hal itu menandakan bahwa gudeg yang telah diwariskan turun-temurun selama 4 generasi ini begitu disukai oleh masyarakat, baik masyarakat Jogja maupun mayarakat dari luar Jogja.

  1. Gudeg Mbarek Bu Hj. Ahmad

Selanjutnya  gudeg yang terkenal di Jogja adalah Gudeg Mbarek Bu Hj. Ahmad. Warung gudeg ini telah ada sejak tahun 1950 dan masih bertahan hingga sekarang. Gudeg yang dihidangkan di warung ini agak basah dengan krecek yang tidak terlalu pedas dan ayamnya yang empuk. Gudeg Mbarek Bu Hj. Ahmad terkenal dengan slogan “Terkenal Karena Rasanya” ini diminati oleh para wisatawan yang datang ke Jogja.

  1. Gudeg Yu Narni

Gudeg Yu Narni terletak di Jl. Kaliurang Km. 4,5, Karangasem CT III/19, Yogyakarta dan lokasinya dekat Gudeg Yu Jum dan Gudeg Mbarek Bu Hj. Ahmad. Gudeg ini juga tidak kalah laris dengan kedua gudeg tersebut. Gudeg Yu Narni mirip dengan Gudeg Yu Jum yaitu sama-sama kering dan tersaji di atas piring bambu dengan alas kerta coklat dan daun pisang.

  1. Gudeg Bu Tjitro

 

Gudeg Bu Tjitro berdiri sejak tahun 1925 ini terkenal di kalangan pengemar gudeg kering. Gudeg Bu Tjitro dihidangkan bersama dengan buntil daun pepaya, sambal krecek, dan juga tempe. Sebagai lauk pendamping biasanya berupa opor ayam dan telur dan jangan lupa sambal. Gudeg ini manjadi pilihan banyak travel karena mampu menampung hingga 300 tamu sekaligus.

  1. Gudeg Pawon

Saat ini gudeg yang menjadi favorit dan incaran para penikmat kuliner adalah Gudeg Pawon. Gudeg ini unik karena buka di malam hari dan makannya di dalam pawon atau dapur. Gudeg Pawon cenderung basah dan lebih guruh dan pedas dibandingkan gudeg-gudeg lainnya. Gudeg ini buka pukul 22.00 dan biasanya sudah habis 23.00 karena begitu banyak pengemarnya.

Demikan penjelasan singkat mengenai gudeg-gudeg paling populer di Jogja. Masih banyak gudeg-gudeg lainnya yang ada akan kami bahas di lain kesempatan. Semoga artikel ini bisa menjadi tambahan informasi dan referensi saat berkunjung di Jogja.