Bersantai di Teras Candi Barong

Jika Gunung Kidul terkenal dengan gugusan pantai putihnya yang menawan maka Kabupaten Sleman terkenal dengan candi-candinya yang indah dan megah. Sebut saja Candi Prambanan, Istana Ratu Boko, Candi Kalasan, Candi Sambisari, Candi Barong, dan candi-candi lainnya. Setiap candi tersebut memiliki karakteristik dan keunikannya masing-masing, salah satunya adalah Candi Barong. Candi ini merupakan candi Hindu yang terletak di tenggara Kompleks Ratu Boko, Prambanan, Sleman, tepatnya di atas bukit di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk menuju lokasi anda bisa menggunakan jasa tour Jogja murah dengan segala fasilitas yang kami miliki.

Candi ini diperkirakan dibangun pada sekitar abad ke-9 dan ke-10, sebagai peninggalan Kerajaan Mataram Kuno.Candi ini disebut Candi Barong karena memiliki hiasan berbentuk seperti kepala barong khas Bali.Berdiri dengan kokohnya di kawasan bukit Batu Agung membuat udara di tempat ini sangat sejuk dan segar. Oleh karena itu banyak wisatawan yang datang ke candi ini khususnya di akhir pekan dan juga hari libur nasional. Lokasinya yang cukup terpencil dan jauh dari jalan utama menjadikan Candi Barong tempat yang sangat nyaman untuk bersantai bersama pasangan, keluarga atau rombongan lainnya.

Kompleks candi ini memiliki pintu masuk di sebelah barat. Dari pintu masuk ini terlihat sebuah lahan berundak tiga. Teras pertama dan kedua, tampak seperti tanah lapang biasa. Tidak diketemukan bangunan candi di tingkat ini walau terdapat sisa-sisa lantai atau tumpak. Teras kedua berupa area bukaan yang cukup luas dan sebelum memasuki teras tertinggi terdapat sebuah gerbang paduraksa kecil yang mengapit tangga naik. Pada teras paling atas terdapat dua buah bangunan candi yang diperkiraakan untuk pemujaan kepada Dewa Wisnu dan Dewi Sri.

Waktu terbaik datang ke candi ini adalah saat musim kemarau di saat sore hari. Dimana pengunjung bisa bersantai di kawasan candi sambai memandangi pamandangan alam di sekitar candi yang sangat indah. Wisatawan bisa melihat sunset yang indah disini. Saat momen terbenamnya matahari wisatawan bisa berfoto membelakangi matahari sehingga tercipta siluet. Dengan komposisi siluet candi dan manusia dengan latar senja yang indah akan menjadikan hasil foto yang sangat indah.