Beberapa Kerajinan Tangan dari Kain Flanel yang Bisa Anda Coba

fatinia.com

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel – Kain flanel merupakan salah satu jenis kain yang memiliki karakteristik kaku dan tebal namun mudah untuk dibentuk. Kain yang tersedia dalam banyak ragam warna ini sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan yang lucu dan berwarna warni. Berikut ini beberapa ulasan seputar kerajinan tangan dari kain flannel.

Selain dimanfaatkan sebagai alat peraga untuk media pendidikan anak, nyatanya kain flannel juga dimanfaatkan untuk bisnis kerajinan. Berikut beberapa produk kerajinan yang biasa dibuat.

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Berbentuk Bunga Buket

fatinia.com

Salah satu kerajinan tangan dari kain flannel yang biasa dibuat adalah buket bunga. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat buket bunga flannel adalah kain flannel dengan warna hijau dan warna-warni lainnya. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan kawat, lem tembak, tisu, pita, dan gunting. Setelah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, cara membuatnya adalah sebagai berikut.

Pertama, Anda harus membuat kuncup dan kelopak bunga dari flannel menjadi huruf B tanpa lubang. Semua potongan kemudian dirangkai memutar menggunakan jarum dan benang. Apabila ingin menambahkan kelopak, Anda bisa membuat kelopak dengan pola yang diinginkan. Setelah disatukan pada kawat menggunakan lem, Anda bisa mengulang proses ini beberapa kali sehingga dihasilkan beberapa bunga. Terakhir, Anda bisa menyiapkan plastik dan kain flannel sebagai buket pembungkusnya.

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Berbentuk Bros Kerudung

fatinia.com

Selain membuat kerajinan tangan dari barang bekas berupa hiasan lampu, Anda juga bisa membuat hiasan kerudung yang menarik dari kain flannel. Apabila Anda ingin membuat bros bunga mawar, Anda hanya perlu merangkai flannel setengah lingkaran menggunakan lem dan menempeli bagian alasnya dengan peniti.

Apabila Anda ingin membuat bros berbentuk pita, Anda bisa menyiapkan kain flannel dengan warna yang berbeda. Kedua macam warna kain flannel dipotong persegi dengan ukuran yang berbeda. Kedua potongan flannel ditekuk bagian tengahnya sehingga membentuk pita. Setelah kedua pita direkatkan dengan lem, Anda bisa merekatkan peniti ke bagian belakang pita dengan lem.

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Berbentuk Sepatu Bayi

fatinia.com

Kerajinan tangan dari kain flannel lainnya adalah sepatu bayi. Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuatnya adalah kain flannel, benang sulam, jarum jahit, jarum pentul, dan karet. Untuk membuatnya, pertama Anda harus membentuk kain flannel sesuai dengan pola sepatu bayi. Anda akan mendapatkan 2 pola alas kaki, dan 2 potongan flanel memanjang. Satu potongan alas kaki digabungkan pada tengah satu potongan memanjang dengan jarum pentul.

Setelah alas dan penutup diatur sedemikian rupa, Anda akan mendapatkan bentuk sepatu bayi yang bulat lancip di atasnya. Anda tinggal menjahit seluruh tepi sepatu dengan tusuk feston. Agar lebih mudah memasukkan kaki, Anda bisa menjahit karet elastis ke punggung kaki bagian dalam.

Membuat kerajinan tangan dari kain flannel merupakan sebuah ide yang sangat menarik. Jika Anda memiliki kain flannel di rumah, tidak ada salahnya untuk berkreasi.