Liburan di Wisata Alam dan Perkebunan Bhakti Alam Pasuruan

Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi saat berada di Malang dengan paket wisata bromo. Gunung Bromo memang memiliki daya tarik tersendiri di mata wisatawan. Dengan keindahan alamnya yang sungguh mempesona. Tidak hanya itu, masyarakat asli Tengger juga memiliki cerita yang tak kalah menarik untuk disimak. Jika Anda berwisata ke Gunung Bromo, jangan lupa mampir ke Wisata Alam dan Perkebunan Bhakti Alam yang berlokasi di Pasuruan. Wisata Bhakti Alam berlokasi di Nongkojajar, Pasuruan, Jawa Timur. Tepatnya di Desa Ngembal, Kecamatan Tutur, Pasuruan. Jalan menuju kesana cukup mulus meskipun agak sempit dan menanjak. Tapi, semua akan terbayar saat kita masuk kesana.

Tempat / Lokasi Bhakti Alam

3Dengan lokasi berada pada ketinggian 450 -550mdpl, kesejukannya bisa memberikan relaksasi dan kesegaran bagi pengunjung. Juga sangat cocok untuk menanam berbagai macam jenis buah. Antara lain : durian, melon, buah naga, dan lain-lain. Bhakti Alam juga menawarkan  paket wisata petik buah langsung dari pohonnya (sesuai musim buah). Buah yang bisa dipetik langsung dari pohonnya antara lain : durian, melon, dan buah naga. Saat sudah tiba di lokasi petik buah, petugas akan memberikan arahan untuk memtik buah. Sesuai dengan slogan dari Bhakti Alam yaitu “ Fun, Fruity, and Education”.

Agrowisata Bhakti Alam mempunyai konsep integrated farm. Dengan luas lahan 60 hektar, Bhakti Alam tidak hanya menyajikan kebun buah. Tapi kebun bunga, peternakan sapi, penginapan, wisata air untuk anak-anak, dan kegiatan outbound.

Untuk mengelilingi Bhakti Alam, disediakan kereta kelinci bagi para pengunjung. Dengan kereta kelinci itu kita bisa mengunjungi kebun buah. Lalu, kita akan berhenti di tempat pengolahan susu (wisatawan umum tidak bisa langsung menyaksikan pemerahan susu langsung dari sapinya, kecuali rombongan pelajar). Para pengunjung juga akan diberi 1 cup susu. Selain itu juga bisa membeli oleh-oleh yang lain. Antarai lain : yougrt aneka rasa.

Setelah puas berbelanja di pengelolaan susu, perjalanan dilanjutkan lagi dengan kereta kelinci. Masih melewati kebun buah yang beraneka ragam. Jalannya berkelok, kadang naik dan kadang turun. Tibalah kita di area tanaman melon. Biasa disebut Green House. Melon yang ditanam adalah jenis melon Golden. Saat kita memasuki Green House, petugas akan memberikan melon yang sudah dikupas dan disajikan dalam piring. Jadi, para pengunjung bisa mengambil langsung dengan tangan. Tapi, sebelumnya jangan lupa cuci tangan dulu ya,… Buah melon ditanam dalam polybag dan buahnya digantung dengan kawat dan benang.

Selanjutnya kita akan menuju ke area pembuatan kripik pisang, talas, dan lain-lain. Disini kita juga bisa membeli jamu. Kita bisa menyaksikan secara langsung pengolahan kripik. Mulai dari pengupasan buah, pemotongan, sampai penggorengan.

Kita masih menggunakan kereta kelinci untuk menuju ke rest area. Saat perjalanan menuju ke rest area, kita akan melewati beberapa bangunan  yang difungsikan untuk penginapan. Harganya lumayan terjangkau. Jika rombongan, juga tersedia barak untuk tempat menginap.

Setibanya di rest area, kita akan diberikan segelas jus semangka yang menyegarkan. Kebun Bunga terdapat di rest area ini, selain itu kita juga bisa melihat kolam ikan yang cukup besar dan berisi banyak sekali jenis ikan. Bunga yang ditanam beraneka ragam. Jadi kalau berfoto, hasilnya akan sangat indah. Terdapat banyak spot foto di rest area ini. Antara lain : sapi, buah pisang raksasa, dan tulisan “ I Love Bhakti Alam”. Area yang masih baru adalah Taman Air Imut. Kolam air khusus anak-anak. Pasti akan betah kalau ngajak anak-anak main di Taman Air Imut.

Dengan begitu banyaknya fasilitas yang ada di Bhakti Alam, disini juga menyediakan outbound. Outbound untuk anak-anak, remaja, dan dewasa. Tidak hanya menyenangkan, tapi juga bisa membangun kebersamaan da kekompakan.

Wisata Alam Bhakti Alam Pasuruan bisa dimasukkan dalam list liburan selanjutnya selain paket wisata bromo. Selamat berlibur bersama keluarga, teman, dan kolega,…..