Puncak Seruni Point Bromo Sebagai Alternatif Wisata

Wisata bromo – Anda pernah mencoba berkunjung ke Bromo untuk melihat matahari terbit di Puncak Gunung Penanjakan namun tak kebagian tempat? Puncak Penanjakan yang terleak tepat di sebelah barat Trip Bromo ini memang sangat terkenal sebagai spot utama untuk menikmati indahnya matahari terbit di Gunung Bromo. Tak hanya dipenuhi oleh wisatawan lokal, namun wisatawan asing pun juga tak mau kalah untuk mengabadikan momen yang indah tersebut dalam kameranya.

Sebenarnya puncak penanjakan sendiri hanyalah bidang pada bukit yang hanya bisa menampung orang dengan jumlah terbatas. Padahal banyak sekali wisatawan yang rela melewati padang pasir dan mendaki ke atas demi menyaksikan indahnya matahari terbit yang point nya lebih tinggi jika dibandingkan dengan Gunung Bromo itu sendiri. Jika Anda mencari open trip bromo murah dan ingin menikmati indahnya matahari terbit di Gunung Bromo namun enggan berdesak-desakan, sudah dibuka Puncak Penanjakan 2 Seruni Bromo yang menjadu aternatif lain untuk melihat matahari terbit Bromo.

Puncak penanjakan akan ramai saat liburan di mana kita bisa melihat ada ribuan wisatawan yang rela datang pagi-pagi untuk menyaksikan secara langsung terbitnya matahari dari ufuk timur. Maka dari itu, jika sudah ada indikasi bahwa Puncak Penanjakan pertama akan penuh, Anda bisa beralih menuju ke Desa Seruni, Sukapura, Probolinggo di mana ada Puncak Penanjakan 2 yang disebut oleh masyarakat setempat dengan sebutan Puncak Seruni Point. Dalam paket trip bromo, ada festival tahunan yang semakin meramaikan suasana Bromo yakni Upacara Kasada yang menjadi upacara adat masyarakat Suku Tengger, perayaan tahun baru dan Festival Jazz Gunung Bromo. Pada event-event tahunan tersebut Puncak Seruni Point juga akan dipadati oleh wisatawan.

Puncak Seruni pont Bromo memang tak banyak dikenal oleh wisatawan karena dulu aksesnya tertutup oleh longsor. Akhirnya, pemerintah memperbaiki jalanan menuju Puncak Seruni Point sehingga dapat dilewati oleh kendaraan jeep dan dikunjungi oleh para wisatawan untuk dapat menikmati matahari terbit atau hanya sekedar sight seeing di kawasan Gunung Bromo. Meskipun posisinya tidak setinggi Puncak Penanjakan 1, Anda juga dapat menyaksikan gunung-gunung yang berjejeran yang masih dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari Puncak Seruni Point. Untuk menuju ke Puncak Seruni Point sebaiknya dengan naik mobil jeep karena jalurnya yang berpasir.

Saat melakukan Bromo tour, anda harus tahu bahwa Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang aktif dan kadang mengeluarkan isi perutnya sehingga di kawasan Gunung Bromo masih ada banyak material vulkanik yang berupa partikel-partikel halus. Hal ini bisa mengganggu sistem pernapasan Anda. Puncak Seruni Point dapatĀ  ditempuh dalam waktu 45 menit dari Gunung Bromo dengan menaiki mobil jeep. Beberapa perlengkapan yang sebaiknya di gunakan tentu saja adalah masker. Sebaiknya masker yang digunakan merupakan masker yang mampu melindungi saluran pernapasan dari debu-debu halus.

Selain masker, ada beberapa perlengkapan lainya yang bisa Anda bawa untuk trip murah bromo dan naik ke Puncak Seruni Point seperti senter yang digunakan untuk menerangi jalan ketika naik ke titik pandang apalagi jika saat dini hari yang masih gelap. Pakaian yang hangat seperti penutup kepala, telinga, jaket tebal dan sarung tangan bisa Anda gunakan karena suhu di Puncak Seruni Point cukup dingin menusuk tulang terutama pada dini hari. Dan yang tak kalah penting, saat trip ke bromo bawalah air minum dan sedikit bekal untuk mengganjal perut setelah anda menikmati pemandangan matahari terbit di Puncak Seruni Point. Itulah sekilas tentang wisata bromo ke puncak seruni point. Semoga bermanfaat !