Tempat Wisata Air Terjun di Sekitar Pasuruan Yang Cantik dan Eksotis

Halo gaes, kali ini kita akan membahas masalah wisata yang ada di Jawa timur, wisata yang pastinya banyak dan beragam. Jawa timur sendiri memiliki banyak sekali tempat – tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata adventure, wisata budaya dan seni. Hampir si setiap kota di jawa timur pasti memiliki keelokan wisata yang mempunyai ciri khas nya masing – masing. Ada Malang yang terkenal wisata alamnya, ada Surabaya yang terkenal dengan wisata sejarah dan edukasinya, ada banyuwangi yang terkenal wisata pantainya. Dan masih banyak lagi.
Berikut ini kami akan membahas tentang potensi wisata alam yang ada di kabupaten pasuruan, banyak wisata pasuruan seperti gunung, air terjun, dan wisata lain yang bisa anda singgah I ketika berkunjung ke pasuruan. Ada beberapa wisata air terjun di pasuruan yang menarik untuk kita bahas. Apa sajakah? Yuk mari kita sebar, hehe

– Air Terjun Kakek Bodo

Air terjun pertama yang berada di kabupaten pasuruan adalah Air terjun kakek bodo, air terjun ini berada di tempat wisata tretes tepatnya di lereng Gunung Welirang di Prigen, Jawa timur.

Bagi anda penikmati wisata alam, cocok untuk menikmati suasana yang memberi pesona yang cukup menakjubkan. Air terjun kakek bodo mempunyai tinggi 40 M serta berada di ketinggian 805 Mdpl. Air terjun kakek bodo sendiri masih asri dan dikelilingi bukit serta tebing yang indah. Untuk fasilitas air terjun kakek bodo memiliki tempat bermain anak anak, musholla, warung – warung makanan, dan juga terdapat kolam renang yang bertarif Rp5.000,- dan satu tempat dengan bumi perkemahan.

Di sekitar air terjun juga terdapat villa atau tempat menginap yang disewakan.

– Air Terjun Putuk Truno

Air terjun selanutnya yang ada di pasuruan adalah air terjun putuk truno, masih berada dekat dengan air terjun kakek bodo berjarak sekitar 400 meter dari kakek bodo. Air terjun putuj truno sendiri berada di kaki Gunung Welirang dan Arjuno dan masih si kawasan wisata tretes, pasuruan. Air terjun ini memiliki air yang jernih dan aliran yang cukup deras. Namun dibalik alirannya air terjun ini juga memiliki tebing hijau nan indah. Untuk sampai kesini anda bisa berjalan kaki dari pos menuju air tejun dengan melewati tangga beton atau jalan setapak yang memudahkan pengunjung untuk kemari.

– Air Terjun Gumandar

Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, air terjun ini tidak mempunyai muara sungai yang biasanya menjadi ciri khas. Air yang jatuh langsung diserap di tanah dan muncul lagi di sumber di dekat pemukiman warga sekitar.

Air terjun ini berada di Desa Dayurejo kabupaten pasuruan, untuk sampai kesini anda bisa menggunakan kendaraan sepeda motor ataupun ojeg jika anda datang menggunakan bus. Tarif ojeg sendiri antara Rp15.000 – 20.000,- untuk sekali jalan. Oh iya, tak jauh dari air terjun gumandar sendiri terdapat air terjun deleg. Air terjun disini memiliki keindahan alam yang masih asri, berada di sekitat pepohonan hijau dan air yang mengalir deras dan bening menjadi kelebihan dari air terjun ini.

– Air Terjun Sumber Nyonya

Air terjun pasuruan berikutnya adalah air terjun sumber nyonya. Air terjun dengan alam yang indah dan air yang jernih ini juga menjadi salah satu obyek wisata favorit bagi para wisatawan atau warga sekitar ketika memasuki akhir pekan. Air terjun ini terletak di Desa Gunung Sari, Kecamatan nongkojajar, pasuruan. Air terjun ini juga dekat dengan wisata bukit flora. Selain air yang jernih, air terjun sumber nyonya juga cukup aman bagi para wisatawan, ini karena air yang tidak langsung jatuh ke tanah melainkan ke bebatuan dahulu dan mengalirkan aliran yang cukup tenang ke tanah. Air terjun ini berada di sekitar perkebunan kopi warga sekitar