Tempat Wisata Di Mojokerto

Mojokerto merupakan kota yang berada di jawa timur dengan jarak 50 km dari pusat ibukota di surabaya, kota ini merupakan kota yang penuh sejarah, terbukti kerajaan besar nusantara semisal majapahit singgah disini. Di kota ini terdapat banyak situs maupun candi bekas kerajaan majapahit, selain terkenal dengan situs dan sejarahnya. Mojokerto juga menyimpan berjuta pesona yang ada di kota tersebut ada wisata air terjun sampai gunung pun ada di kota ini. Mari kita ulas sejuta pesona yang ada di mojokerto.

Gunung Penanggungan

Mojokerto juga terdapat gunung penanggungan yang sering orang bilang seperti miniatur gunung semeru. Memang kalau dilihat dari kejauhan terlihat seperti gunung semeru yang terletak di kota lumajang, gunung penangungan merupakan gunung dengan status gunung berapi dengan status sedang masa tidur atau tidak aktif. Wisatawan bisa mendaki gunung penanggungan dengan tinggi 1.653 Mdpl di atas anda bisa menikmati keindahan kota mojokerto dari atas gunung penanggungan dulunya gunung penanggungan bernama pawitra yang berarti kabut, karena puncak dari gunung penanggungan dulunya selalu diselimuti kabut letak dari gunung penanggungan ini berada di kecamatan trawas mojokerto.

Coban Watu Ondo

Coban watu ondo ini terletak di kawasan taman hutan raya raden soerjo, secara administratif coban watu ondo berada di dua wilayah yaitu kabupaten mojokerto dan Kota wisata Batu.

Disebut coban watu ondo karena pada arah jalan ke air terjun terdapat batuan yang mirip dengan susunan anak tangga di coban watu ondo ini terdapat 2 coban yang berhadapan namun, berbeda ukurannya. Disebelah kanan ketinggian air mencapai 15 m dengan karakteristik air terjun berundak dengan kemiringan sekitar 75 derajat, sedangkan di sebelah kiri mencapai ketinggian ±  69 m dengan karakteristrik air terjun yang langsung jatuh je bawah.  Orang sekitar coban watu ondo lebih familiar menyebut coban watu ondo sebagai coban kembar watu ondo, di sekitar air terjun juga terdapat dua buah goa, orang sekitar menyebutnya dengan nama goa jepang, goa ini dipercaya sebagai penyimpanan bahan makanan dan persembunyian para tentara jepang pada masa kemerdekaan. Sayangnya, kedua goa ini tertutupi oleh rimbun nya pepohonan di sekitar air terjun.

 

Selain dari kedua tempat wisata diatas, ada banyak wisata di taman hutan raya r.soerjo yang menarik untuk dikunjungi. Terus explore kawasan hutan raya r. soerjo yang berada di kawasan gunung anjasmoro sampai arjuno.

 

Pemandian Air Panas Padusan

Pemandian air panas padusan berada di desa padusan, kecamatan pacet, kabupaten mojokerto. Di sebuah lereng dari gunung welirang terdapat pemandian air panas yang bernama padusan, pemandian air panas padusan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit karena kandungan belerang yang cukup tinggi. Pemandian air panas padusan berada dalam kawasan hutan lindung atau cagar alam taman hutan raya raden soerjo, yang meliputi gunung arjuno – welirang.

Candi Brahu

Candi Brahu adalah salah satu candi di Mojokerto yang masih dalam kawasan situs arkeologi Trowulan (bekas ibu kota Majapahit) dan merupakan peninggalan dari kerajaan majapahit. Candi Brahu berlokasi di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto. Nama candi ini berasa dari kata warahu yang diambil dari sebutan sebuah bangunan suci yang ada didalam Prasasti Alasantan yang tak jauh dari candi brahu. Candi ini berdiri gagah dengan tinggi sekitar 20 meter. Diperkirakan candi ini berdiri pada abad ke 15 masehi, candi brahu candi bergaya budha dengan tumpukan batu bata merah.