Tempat Wisata Religi Paling Populer di Yogyakarta

Selain terkenal dengan wisata alamnya serta wisata belanja dan juga kuliner ternyata Jogja juga menyimpan banyak objek wisata yang bertemakan religi atau biasa disebut dengan wisata religi. Terdapat beberapa tempat atau pesangrahan yang ramai didatangi oleh para wisatawan atau peziarah. Tempat-tempat tersebut antara lain: Sendang Sono Goa Maria, Masjid Agung Kauman, Makam Raja-Raja Mataram Imogiri, Makam Raja-raja Mataram Kota Gede, Makam Syeh Jumadil Kubro Turgo, dan masih banyak lagi.

Diartkel ini kami akan membahasnya secara singat dan padat sebagai tambahan informasi kapada para wisatawan yang ingin berwisata di Jogja khususnya yang ingin berwisata bernuansa religi. Semoga informasi dari kami bisa menjadi referensi paket tour Jogja murah.

  1. Masjid Agung Kauman

Masjid Agung Kauman merupakan masjid kraton Yogyakarta yang masih berada di kawasan Kraton Yogyakarta tepatnya di sebelah barat kompleks Alun-alun Utara Kraton Yogyakarta. Masjid ini dibangun pada hari Ahad Wage, 29 Mei 1773 masehi atau 6 Robi’ul Akhir 1187 H pada masa kepemimpinan Hamengkubuwono I. Masjid ini dibangun bersama-sama dengan  Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat (penghulu kraton pertama) dan Kyai Wiryokusumo sebagai arsiteknya.

Masjid ini menjadi saksi sejarah perkembangan Kraton Yogyakarta dan juga saksi berdiri dan berkembangnya Ormas Muhammadiyah di Yogyakarta. Di masjid inilah KH Ahmad Dahlan mendirikan serta mengembangkan Muhammadiyah hinga menjadi besar sampai sekarang. Banyak wisatawan yang datang ke masjid ini untuk beribadah serta untuk menikmati arsitektur masjid ini yang memadukan budaya Jawa dengan agama Islam.

  1. Makam Raja Mataram Kota Gede

Makam ini spesial karena merupakan makam dari raja pertama Kerajaan Mataram yaitu Penambahan Senopati dan keluarganya. Sebagai salah satu ibukota Kerajaan Mataram tidak banyak yang tersisa selain masjid dan juga makam raja ini. Saat memasuki kawasan makam ini, wisatawan bisa beribadah atau beristirahat terlebih dahulu di Masjid Agung Kotagede. Masjid dengan arsitektur Jawa ini sangat khas dan menarik.

Untuk memasuki kawasan makam, pungunjung harus mengunakan pakaian adat Jawa. Bagi yang tidak membawa jangan kuatir karena Anda dapat menyewanya disana. Sebelum tiba di makam, Anda akan memasuki sebuah gapura yang tersusun dari tumpukan batu bata yang arsitekturnya merupakan campuran dari budaya Hindu. Kawasan makan sangat tenang dan hening sehingga para peziarah dapat berdoa dengan khusyuk.

  1. Sendang Sono Goa Maria

Sendangsono adalah tempat ziarah Goa Maria yang terletak di Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Sebuah tempat yang biasanya dikunjungi umat Katolik untuk berziarah dan berdoa. Selain berdoa, mereka juga mengambil air sumber yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Terletak di kawasan pengunungan Menoreh, Sendangsono menawarkan kesejukan dan kesegaran bagi para wisatawan yang datang. Pengunjung yang datang dapat menikmati tenangnya alam dan juga menikmati arsitektur dari Sendagsono yang mempesona. Oleh karena itu tempat ini menjadi tempat favorit bagi orang yang ingin bersantai sejenak dari segala kesibukan.

Demikan tempat-tempat yang menjadi tujuan bagi para wisatawan yang ingin berwisata religi. Tentu saja masih banyak tempat wisata lainnya dan akan kami bahas dilain kesempatan. Semoga artikel ini bisa berguna dan memberi tambahan informasi kepada Anda.